RUMAH CANTIK DI LAHAN SEMPIT

1 02 2009

Bagaimana mensiasati tanah yang sempit memanjang ke belakang untuk membangun sebuah rumah tinggal yang nyaman tetapi tetap tampil menarik?

Tanah berukuran lebar 5 m dan panjang 20 m kearah belakang.

Ruangan yang direncanakan adalah

  1. Ruang tamu
  2. Ruang tidur (2)
  3. Ruang keluarga
  4. Ruang makan
  5. Dapur
  6. Kamar mandi/WC

Pertama kali harus diingat bahwa syarat agar rumah tinggal nyaman untuk ditempati antara lain adalah :

Sirkulasi udara lancar, sehingga udara di dalam ruangan selalu berganti, dan suasana ruangan terasa lebih sejuk. Hal ini akan menghemat pemakaian penyejuk ruangan (AC)

Pencahayaan alami dapat dimanfaatkan secara optimal. Ini akan menghindarkan udara lembab dalam ruangan. Selain itu juga menghemat pemakaian listrik (pencahayaan buatan) dalam ruang, terutama pada siang hari.

Pada tanah yang sempit, hal itu seringkali diabaikan karena tuntutan kebutuhan ruang yang harus dipenuhi. Dalam kasus ini. dua hal di atas menjadi pertimbangan utama dalam merencanakan peletakan ruang. Di sini, tanah tidak dipenuhi bangunan tetapi dibuat bukaan (taman) di bagian tengah yang berfungsi untuk penghawaan dan pencahayaan alami bagi ruang-ruang yang ada.

Ruang-ruang privat (misalnya R Tidur), diusahakan mendapatkan pencahayaan maksimal pada pagi hari yaitu dengan jalan membuat bukaan ke arah timur pada ruangan ini.


denah-crop

denah-utk-blog006kcl

denah-utk-blog007

Perspektif Tampak depan

Actions

Information

5 responses

1 12 2010
muhamad

salam pak.
saya punya lahan sempit lebar 5 x 20 meter,2 kavling, nah saya ingin bangun rumah
untuk kavling pertama saya ingin bangun 1 lantai saja, dan kavling yg kedua desain 2 lantai terdiri atas :

2 kamar utama
1 kamar pembanatu
ruang tamu
ruang keluarga
tempat/ruang jemuran
teras dengan kebun/taman depan /tengah/ belakang rumah,
carport

mohon bantuan desain/denah nya, dapat di kirimkan ke email saya muhamadassegaf@yahoo.com
terima kasih banyak
salam
Muhamad
SOLO

23 01 2011
puspamentari

Salam juga Pak.., tapi maaf saya ibu bukan bapak.. hehe… tapi gak apa..
Oya untuk detilnya bisa hubungi saya di email tyaraputri44@yahoo.com .

14 01 2011
MELWAN

TOLONG DONG DIBUATKAN GAMBAR DAN DENAH UNTUK BANGUN RUMAH DENGAN UKURAN TANAH 8 X 15 M. SBLUMNYA MAKASIH.

23 01 2011
puspamentari

untuk detil ruang yang dibutuhkan bisa hubungi saya di email ini pak tyaraputri44@yahoo.com. Makasih..

26 01 2011
Annisa Laila Khaled

Ibu Anik,
Saya sudah mengirimkan email untuk konsultasi design ke email ibu. Mohon bantuannya ya :)

Oh iya, saya lupa mencantumkan di email, saya ingin rumah dengan konsep open space agar terkesan luas. Terima kasih.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

